Lenggang Lapang

Musik telah ditabuh. Penari yang telah siap dengan kostumnya pun memasuki area pentasnya. Gerak pun dimulai. Lenggang ke kanan ke kiri mengikuti alunan musik yang menghentak atau pun yang mendayu. Seni gerak tubuh yang telah dikenal dengan tari cukup banyak macamnya. Dari berbagai belahan dunia, tiap-tiap negara, bahkan tiap daerah memiliki khas tariannya tersendiri. Seperti karya seni lainnya, tari menampilkan berbagai simbol baik itu untuk mengungkapkan penyambutan, pemujaan, dan perasaan-perasaan tertentu. Kali ini, saya mencoba membagikan tarian-tarian yang pernah terekam dalam kamera saya.


Laskar Teji; Foto ini saya ambil pada tanggal 8 Oktober 2011 pada saat perayaan HUT Kota Batu Jawa Timur. Tarian Kuda Lumping atau Jaran Kepang sangat sering dijumpai di Jawa Timur khususnya daerah Kidulan (Selatan). Tarian ini ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan atau mengucap syukur. Berbagai kisah sejarah, menceritakan tarian ini merupakan bentuk apresiasi masyarakat terhadap tokoh-tokoh perjuangan yang menumpas Belanda dengan berkuda seperti Pangeran Diponegoro, Raden Patah, Sunan Kalijaga, dan Sultan Hamenhkubuwono I.

Satu dalam Harmoni; Keselarasan dalam gerak tampak dalam Tarian Sanduk yang merupakan tarian khas Madura. Kesatuan gerak merupakan hal penting dalam seni tari, apa lagi tari kolosal seperti Tarian Sanduk. Dalam tarian yang membutuhkan penari dalam jumlah banyak ini dapat dilihat bahwa tari merupakan salah satu sarana pergaulan.

Goyang Tarekat; Salah satu tarian khas Timur Tengah, yaitu Tari Tanoura, yang berarti “rok” dalam bahasa Indonesia. Tarian ini dilakukan oleh para sufi di Mesir untuk mendekatkan diri pada ilahi. Caranya, penari melakukan gerakan tarian berputar-putar dengan roknya sehingga menghasilkan kombinasi gerak dan warna yang memukau. Rok lebar yang digunakan sang penari, berwarna-warni.  Warna tersebut melambangkan salah satu tarekat sufi.

Menari di Tirta Amerta; Tarian untuk pemujaan sering dijumpai dalam upacara-upacara tradisi atau keagamaan. Seperti pada upacara Melasti yang dilakukan umat Hindu, sebelum melakukan pembersihan ke sumber mata air suci, terlebih dahulu dipersembahkan tarian sebagai rangkaian upacara.

3 thoughts on “Lenggang Lapang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s