Bernafas Sejenak di Car Free Day

Masalah lingkungan dan isu-isu global warming kini telah menjadi perhatian dunia. Kampanye-kampanye untuk melindungi kelestarian bumi pun digalakan. Salah satunya adalah dengan program Car Free Day, yaitu dengan menutup jalan tertentu yang (biasanya) berada di jantung kota selama beberapa jam dari kendaraan bermotor sehingga pejalan kaki dan kendaraan tak bermotor dapat leluasa menggunakan jalan. Car Free Day di Indonesia sudah terjadi di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Pada tanggal 18 Desember 2011, giliran kota Malang yang me-launching program Car Free Day di areal Ijen. Benarkah program lingkungan ini benar-benar ampuh menjaga kelestarian lingkungan?

Ketika Oksigen Dirindukan; Antusiasme ditunjukkan masyarakat dengan memadati areal Car Free Day. Mereka memanfaatkan momentum ini untuk berolah raga dengan sepeda, sepatu roda, skate board, atau pun hanya dengan berjalan kaki.

Untungnya Bukan ‘Motorbike Free Day’;  Beberapa kendaraan bermotor seperti sepeda motor masih melintas di areal Car Free Day. Memang nama acaranya adalah Car Free Day bukan Motorbike Free Day, tapi misi yang diusung dari kegiatan ini adalah bebas polusi dari kendaraan bermotor.

Pergantian Polusi; Untuk sesaat polusi asap bermotor hilang, namun tergantikan dengan polusi klasik, yaitu sampah-sampah plastik. Selain kurangnya kesadaran masyarakat yang datang di Car Free Day untuk tidak membuang sampah sembarangan, di areal acara ini tidak disediakan tempat sampah.

Mencurah Asak; Masyarakat memang menikmati areal Car Free Day yang tanpa asap kendaraan. Namun, sebagian besar dari mereka datang ke areal tersebut dengan menggunakan kendaraan bermotor mereka. Kendaraan bermotor mereka diparkir sekitar areal Car Free Day, sehingga terjadi penumpukan kendaraan di sekitar areal Car Free Day.

2 thoughts on “Bernafas Sejenak di Car Free Day

  1. asik banget acara ini ya ganis, sayang hanya sampai jam 9.30 saja, setelahnya kembali ramai… seharusnya sih seharian atau tidak sampai jam 12.00

    ..makasih yaah sudah mampir dan nyoret2 di bloggerngalam.com sukses selaluu…

  2. Carfreeday emang acara yg oke, manteb dah, meski masi minus, dmn ada sampah berserakan dan kendaraan bermesin yg lalu lalang. Semoga masyarakat neh makin sadar 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s