Buat Adik-Adik Pemilih Pemula Hari Ini: Selamat Kalian Adalah Manusia Merdeka!

Halo kalian yang terpaut hampir satu dekade denganku. Pasti kalian lagi senang-senangnya bawa kendaraan sendiri dengan surat ijin mengemudi yang nggak perlunembak umur, bisa nonton konser yang disponsorin rokok atau beer, dan masih banyak keseruan lainnya. Yeah apapun keseruan kalian sebagai manusia yang sudah diakui dewasa oleh negara, aku cuma mengingatkan: gunakan hak pilih kalian hari ini.

Jujur aku suka sirik sama kalian. Iya, kalian yang lahir setelah tahun 97-98. Rasanya enak betul masa kecil kalian. Enggak perlu kepotong dunia dalam berita pas lagi enak-enaknya nonton tipi, bisa banyak nonton saluran tipi, dan yang paling penting: potret presiden yang terpajang di atas papan tulis ruang kelas kalian bisa gonta-ganti meskipun nggak tiap lima lima tahun. Hebat nggak? Bayangin om-tante atau orang tua kalian, dua belas tahun sekolah hanya memandang foto yang sama menjenuhnya dengan mencari nilai X dalam aljabar.

Eh tapi, ada ding yang bikin kami merasa sedikit lebih beruntung dari pada kalian. Waktu kecil kami nggak perlu lihat keluarga kami, orang tua kami, tetangga kami, jadi sirik-sirikan karena beda pilihan. Enggak ada itu ceritanya acara mantenan keluarga atau bahkan lebaran jadi tegang dan kikuk gara-gara ada yang tiba-tiba jadi jurkam dadakan. Enggak ada itu yang namanya dilarang pacaran gara-gara keluarganya gebetan kita dianggap pendukung pemimpin kafir. Dulu, orang yang lebih tua dari kami seperti sudah sama-sama mencapai mufakat meski tanpa berucap kalau yang menang ya yang kuning itu, jadi nggak perlu ribut-ribut apalagi sampai satru sama tetangga kanan kiri.

Meskipun sekarang generasi di atas kalian begini amat soal pilihan pemimpin, tapi kalian nggak perlu khawatir juga sih. Kalau sekarang kakak-kakak, om dan tante, atau orang tua kalian suka ribut masalah beda pilihan, ya harap maklum ya, mereka kan anak kemarin sore dalam hal demokrasi. Dulu-dulu pas mereka seumur kalian sekarang gini, mana berani mereka nyinyir sana sini kayak sekarang. Kalian beda. Sejak lahir ke Tanah Air, kalian sudah menghirup udara kebebasan. Udara yang dinantikan banyak kaum muda beberapa puluh tahun yang lalu. Udara yang waktu dulu aku lihat melalui berita di tipi, diperjuangkan dengan keringat dan darah.

Hari ini dan esok ada di tangan kalian, jadi plis jangan apatis. Jangan ragu membuka masa lalu untuk membimbing ke masa depan. Gunakan hak pilihmu sekarang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s